19 Februari 2013

Trip to Seven Ghosts



Postingan pertama di bulan februari ini akan menjadi postingan yang “Soo Amazing” karena saya akan menulis cerita tentang liburan saya ke “Somewhere in Indonesia”.
lebih tepatnya di Teluk Meranti, Pelalawan, Riau,Indonesia.

pada awalnya saya tidak tau tentang teluk meranti ini dan “Bono Wave” (Gelombang Bono) “Bono River Surfing”atau “Seven Ghosts”, awalnya saya hanya mendengar cerita tentang Gelombang Bono hanya dari mulut ke mulut, sampai akhirnya saya menemukan sebuah video yang di produksi oleh RIP CURL tentang Gelombang Bono dan sekarang saya sudah tau, bahkan sudah pernah menginjakkan kaki disana.

sebelumnya perkenalkan dulu beberapa teman saya yang ikut dalam perjalanan ke teluk meranti.








fikri, bukan aceng fikri.
sangat terobsesi dengan sampan dayung





Dedi Kribo, model iklan minuman energi Proman dan helm BMC.
pemilik blog “Sesuatu yang tak bisa di luruskan” mungkin juga akan memposting cerita perjalanan ke meranti di blognya



Zulfidin, orang indonesia asli (di jelasin biar gak di kira orang cina)


Novri Yunus, penggagas perjalanan ke meranti dan admin utama di secret group bernama “Jalan Biasa Bisa Aja”



Trias atau Triaso Numero Uno. Pemilik hak paten kalimat “Rasakan Sentuhannya”



Alwi, pemegang rekor dunia kategori tidur tercepat. Dan sangat terobsesi dengan pantai.



Yusuf, fans Melody JKT48.



Dan saya sendiri, yang empunya blog.

okeh, 8 orang diatas lah yang berhasil sampai ke teluk meranti dan melihat gelombang bono dengan mata kepala sendiri.

perjalanan yang di tempuh ke teluk meranti, kurang lebih 300 km lah melewati jalur darat. saya dan teman – teman  lainnya lebih memilih jalur darat menggunakan sepeda motor. Selain praktis mau berhenti dimana saja, cepat, dan alasan utamanya adalah untuk menekan pengeluaran uang seminimal mungkin.

perjalanan pun tidak semulus yang di bayangkan, kami tidak menemukan jalan aspal untuk kurang lebih 150 km perjalanan. Kami melewati jalan tanah yang penuh dengan kerikil dan debu.
alhasil sesampainya di teluk meranti, pakaian di penuhi dengan debu, tebal debu di wajahpun mengalahkan tebal bedaknya syahrini.

dan alhamdulillah kami sampai dengan selamat, untungnya kami punya teman yang tinggal di teluk meranti, jadi kami bisa bermalam di rumahnya.

jadi tujuan utama kami datang ke teluk meranti memang untuk melihat Gelombang Bono, yang pernah liat iklan Djarum pasti tau.
Bagi dunia peselancar maupun wisatawan dari luar negri, Gelombang Bono adalah sebuah penemuan yang mengagumkan bahkan para selencar dunia mengungkapkan luar biasa untuk “Gelombang Bono”

 seperti diungkapkan oleh Chris Mauro dalam tulisannya yang  dimuat GrindTV.com :  “A dreamlike wave found in an Indonesian river is stunning surf world (sebuah gelombang impian yang ditemukan di salah satu sungai di Indonesia memukau dunia selancar),” tulis . Tulisan Mauro itu sendiri lantas merujuk pada apa yang ia sebut ‘penemuan luar biasa’ oleh tim (ekspedisi) Rip Curl baru-baru ini, yang menurutnya “mungkin tak tertandingi” (may be unrivaled).

warga di teluk meranti sendiri menganggap bahwa gelombang bono itu dengan sebutan lain “Tujuh Hantu”, karena dulu gelombang itu ada 7, tapi sekarang menjadi 6 karena 1 lagi sudah dibunuh oleh belanda yang kemudian lebih di kenal dengan sebutan “Seven Ghosts” Sebenernya saya juga tidak mengerti dengan cerita ini.
ada banyak cerita berbeda yang beredar di masyarakat.

Dalam tiga tahun terakhir ini Bono Tujuh Hantu telah menjadi buah bibir di manca negara. Peselancar dari Inggris, Perancis, Brazil, Israel, Amerika Serikat, dan lain-lain sudah pernah berhadapan dan sangat kagum dengan Bono Tujuh Hantu di Kuala Kampar. Konon, hanya terdapat dua lokasi Bono di dunia yang tergolong besar, yakni di Brazil tepatnya di kuala Sungai Amazon dan lainnya di kuala “Sungai” Kampar, Pelalawan, Riau. Ombak Bono kuala Sungai Kampar disebut lebih besar dibandingkan ombak Bono di Sungai Amazon. Tinggi ombak bisa mencapai enam sampai tujuh meter. Dan ini sangat memacu adrenalin dan disukai oleh peselancar kelas dunia.  Tim ekspedisi Rip Curl, menyebut dengan takjub, ombak Bono di kuala Sungai Kampar “mungkin tak tertandingi” (may be unrivaled).

Ombak Bono adalah fenomena alam yang disebabkan pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu menuju hilir. Ombak besar mencapai puncaknya ketika terjadi pasang besar, pada bulan purnama di bulan November-Desember. Ombak Bono besar biasanya terdiri tujuh puncak gelombang yang beriringan sekaan berkejar-kejaran. Benturan massa yang demikian besar ini menimbulkan gelombang yang tinggi dan suara gemuruh yang menggetarkan. Dulu Ombak Bono di kuala Sungai Kampar itu merupakan sosok yang menakutkan, karena sudah banyak kapal yang menjadi korban. Tetapi kini justru menjadi obyek wisata andalan bagi Pemda Kabupaten Pelalawan. Keberanian peselancar kelas dunia menunggang gelombang Bono seakan tak memiliki syaraf takut, dan diberitakan oleh media nasional dan mancanegara, telah mengubah citra Bono.

fyi aja nih, pada 9-14 februari kemaren ada event pemecahan rekor dunia, Steve King peselancar dari inggris akan mengalahkan rekornya sendiri untuk rekor berselancar dengan jarak tempuh terpanjang dan terlama di atas gelombang bono.

jumat 1 februari 2013, kata warga setempat gelombang bono akan terjadi pada pukul 15.30, jadi kami berangkat dari rumah menuju pantai pada pukul 15.00 karena kami gak mau ketinggalan moment berharga melihat gelombang bono itu.

kami agak sedikit kecewa karena kami datang bukan pada waktu yang tepat, jadi kami Cuma bisa melihat gelombang bono yang kecil.


Puncak terjadinya gelombang bono terbesar adalah pada saat bulan purnama dan bulan baru.

dan ini beberapa foto gelombang bono

















beberapa video yang diroduksi oleh RIPCURL

Seven Ghosts Ep2 - Tidal Fantasy - Amazing Tidal Bore Surfing

Seven Ghosts Ep2 - The "Bono" - Amazing Tidal Bore Surfing

Seven Ghosts Ep3 - It Is True - Amazing Tidal Bore Surfing





sumber: http://www.ripcurl.com/t2t9.html

http://swns.com/news/british-surfer-sets-world-record-riding-river-wave-12-8-miles-31870/
http://www.indonesia.travel/id/news/detail/902/surfing-bersama-bono-di-teluk-meranti


2 komentar:

  1. gilaa kern banget tu pantai.
    saya terobsesi sekali sama pantai, maklum lah kan anak gunung hehehe
    sumpah, lu bisa main surfing bang?

    BalasHapus
  2. I was recommended this website via my cousin.

    I am not positive whether or not this put up is
    written by means of him as nobody else understand such distinctive about my problem.
    You're incredible! Thanks!

    My webpage ... free adult games

    BalasHapus

Terimaksih sudah membaca, usahain kasih komentar ya ^-^